Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Responsi tulis Tutorial Pendidikan Agama Islam TPAI


BAGIAN I
1. Suatu hari Dani dan Asep sedang berdiskusi tentang tokoh-tokoh yang menginspirasi hidup mereka, kemudian datang Damar dan mengatakan bahwa tidak ada tokoh yang menginspirasi melebihi Rasulullah Muhammad Saw. Menurut kamu mengapa demikian?

2. Suhandi sebagai ketua tim, akan menyusun strategi untuk bertanding futsal. Faid kemudian bercerita tentang kisah perang uhud kepada Ardhi, Wirdan, Rasel, dan Rizky. Pelajaran apa yang dapat diambil dari perang Uhud?

3. Setiap hari Rabu sore kelompok TPAI Umar bin Khattab kumpul seperti biasanya di Masjid Nurul Fikri dengan pemandu Saepul. Rangkaian acara TPAIpun dimulai dari pembukaan, tilawah sampai dengan materi yang disampaikan. Materinya tentang “Ma’rifatullah”. Rakmat bertanya “ Apa sih Ma’rifatullah itu, dan Allah itu sebenarnya ada di mana??

4. Setiap Jum’at siang kelompok Wahyu ga mau ketinggalan TPAI. Suatu saat Fani salah satu anggota kelompok Siti Khadijah tidak bisa datang TPAI karena ada Praktikum Biologi. Karena Fani ga mau ketinggalan materi, akhirnya dia menanyakan isi materi pada soulmatenya (Aida) yang telah disampaikan saat dia tidak mengikuti TPAI. Nah ... pada saat itu materi yang ditanyakan oleh Fani yaitu “Ma’rifatull Qur’an”. Fani bertanya apa sih peranan Al-Qur’an dalam kehidupan kita sebagai umat muslim?? Coba kamu bantu Fani untuk menemukan jawabannya..

5. Suatu hariQistina membaca dialog seorang muslim dengan warga inggris.
Inggris : “kenapa perempuan yang beragama Islam tidak boleh berjabat tangan dengan laki-laki?.Kesannya perempuan muslim itu sombang. Dan kenapa pake ditutupi seluruh tubuhnya. Apa mereka ga kepanasan? Apa untungnya coba dan untuk apa?

Muslim: “ Menurutmu saya boleh tidak berjabat tangan dengan ratu Elisabet?”

Inggris: “ya ... ga boleh lah. Ratu Elisabet bukan orang sembarangan , yang bisa berjabat tangan dengan beliau hanyalah orang-orang tertentu”
Kemudian muslim itu mengambil dua permen, yang satunya dibuka dan yang satunya dibiarkan tertutup, kemudian kedua permen dilemparkan keudara dan dibiarkan jatuh ditanah dan muslim itu berkata,” Silakan pilih salah satu permen yang telah saya jatuhkan”

Inggris : “ Saya lebih memilih permen yang masih ada bungkusnyalah. Ngapain milih yang udah kotor. Penawaran yang konyol”
Saking asiknya membaca Qistina ga menyadari kalau kertasnya kena tinta bolpoinnya yang lagi ngadat. Dian penasaran akhir dari dialog tersebut. Menurutnya jawaban yang diberikan seorang muslim adalah sebuah analogi. Ayo bantu Qistina..

6. Seperti biasa Ulil dan Dwi berangkat ke Masjid Kampus (Maskam) untuk mengikuti agenda rutin yaitu Gerakan Gadjah Mada Menghafal Al. Qur’an (GMMQ). Tiba-tiba ada seorang anak yang menghampiri Ulil dan Dwi sesaat setelah memasuki Maskam. Anak itu minta diajarin  menulis kalimat syahadat beserta artinya.  Ayo bantu Ulil dan Dwi..

7. Ketika di Alun-alun,Taqy dan Riza ketemu dengan Arif, Diga, Deni dan Rakha. Mereka menghampiri pohon beringin yang ada di Alun – alun Kidul, eh ternyata di sana banyak terdapat sesajen seperti kopi, cerutu dan aneka makanan tradisional. Mereka niatnya mau membuang itu semua, tapi takut dimarahi warga. Nah, sebenarnya hukum sesajen pada pohon itu seperti apa ya??? Jika dikaitkan dengan Syahadata’in bagaimana??

8. Afrida dan Dina diajak Mba Resti ke Pantai Siung. Waktu itu Mba Resti lagi cerita kalau segala bangkai yang ada di laut dan berasal dari laut itu halal. Nah, tiba-tiba Elinda melihat ke laut dan melihat ada bangkai kerbau di laut bekas dari persembahan masyarakat untuk laut. Nah, kira-kira hukum bangkai kerbau itu bagaimana ya??
Halal ga?? Kan kondisinya lagi di laut hehehe...

9. Ketika Indri dan Mita lagi mendesain stiker yang bertemakan adab-adab berinteraksi dengan lawan jenis. Tiba-tiba Yanti datang dan bertanya “ emangnya adab-adab berinteraksi dengan lawan jenis apa aja?”. Apa ya jawaban Indri dan Mita?

BAGIAN II
1. Apakah anda berminat menjadi pemandu TPAI tahun depan? Alasannya?
asisten TPAI.
2. Demi perbaikan kegiatan TPAI tahun depan, adakah kritik dan saran anda? Jelaskan!

Mungkin kurang lebihnya seperti itu ya gais.....

Semoga bermanfaat dan bisa memberi gambaran kepada teman-teman tentang responsi TPAI Fakultas Peternakan UGM itu seperti apa hehe


Wassalamualaikum


                                                                 Selamat Belajar :)


6 comments for "Soal Responsi tulis Tutorial Pendidikan Agama Islam TPAI "